Tips Mengoptimalkan kinerja Laptop/Komputer

Perawatan pada Laptop/Komputer itu sangatlah penting bagi para penggunanya karena agar para pengguna dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dan tidak ada gangguan-gangguan masalah yang tampil pada Laptop/Komputer pengguna itu tersebut.
Banyak sekali para pengguna komputer yang kurang paham tentang bagaimana caranya merawat sistem operasi komputer agar komputer bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun.


Kita pasti pernah merawat dan membersihkan hardware yang tampak pada komputer atau laptop kita, tapi bagaimana dengan softwarenya? atau Sistem operasinya? apakah perawatan hardware saja cukup untuk menstabilkan kinerja komputer agar tidak lag, hang, bahkan lambat saat digunakan?

Menurut saya sebagai admin www.ysvcybers.blogspot.com, perawatan hardware saja itu tidak cukup karena perawatan hardware misalnya membersihkan LCD, keyboard, menghilangkan debu di sela-sela keyboard, dan membersihkan hardware lainnya hanya membersihkan dibagian luarnya saja bukan Sistem yang ada pada Sistem operasi yang kita gunakan seperti Windows.

Jika kita sering menggunakan komputer/laptop kita harus memperhatikan perkembangan kinerja komputer kita. Jika kinerja komputer kita menurun, kita harus bisa untuk meningkatkannya kembali dengan cara merawat sistem yang ada pada komputer kalian.

Bagaimana caranya?

Pada operating system yang kita gunakan, biasanya kita bisa menemukan bantuan-bantuan dan langkah-langkah untuk mendeteksi masalah pada komputer yang kita gunakan, mengatur file-file yang bukan pada tempatnya, membersihkan sisa-sisa browser, dan lain sebagainya.
Tetapi, sekarang banyak sekali software-software canggih yang dapat merawat sistem komputer kita seperti mendeteksi masalah pada komputer, dan lain sebagainya bahkan fitur yang dikeluarkan oleh para pembuat program tersebut itu jauh lebih banyak dibandingkan fitur yang disediakan oleh operating system seperti Windows.



Tips Mengoptimalkan kinerja Laptop/Komputer :

Pada artikel kali ini, saya akan mensharing tentang bagaimana cara mengoptimalkan kinerja komputer atau laptop.
ini adalah pengalaman saya pribadi, jadi saya sudah mencobanya sendiri dan saya lakukan setiap minggu nya. jadi setiap minggu saya melakukan maintenance laptop yang saya gunakan agar kinerja laptop saya tidak menurun.

1. Menggunakan software Utilities.


Cara ini adalah cara yang sangat ampuh agar komputer kita selalu baik. Software utilites yang saya gunakan yaitu Advanced SystemCare. Menurut saya program utilities ini sangatlah ringan dan sangat mudah digunakan. Kita dapat membersihkan Malware, mengatur dan memperbaiki registry windows yang rusak, menghapus file-file sampah, optimisasi sistem, dan lain sebagainya.

2. Mematikan Startup pada program yang kurang penting.



Inilah cara yang saya pakai pada laptop saya mematikan startup pada program yang kurang penting. Kenapa kita harus mematikannya?
Ini saya lakukan agar proses startup pada laptop saya itu cepat. banyak program yang berjalan pada saat startup seperti layanan update dari berbagai software, dan software widget yang mempercantik desktop.
Kenapa admin mematikan layanan update pada saat startup ? bukannya update itu lebih baik ?
Benar ! Update dari berbagai software itu sangat baik apalagi update sistem operasi kita agar komputer lebih terupdate, memiliki sistem yang baru, lebih kuat dari ancaman-ancaman, dan lain sebagainya. tetapi saya melakukan proses update secara manual bukan otomatis pada saat startup.

3. Defrag harddisk



Defrag harddisk adalah bagian dari perawatan laptop saya. Ini berfungsi untuk mengatur atau menyusun kembali file-file yang bukan pada tempatnya.
Program defrag sangatlah banyak, tetapi yang saya gunakan yaitu Defraggler dari www.piriform.com. Kalian bisa mendownloadnya secara gratis di situs resminya.
Atau kalian bisa menjalankan defrag dari windows. karena defrag sudah disediakan pada windows yang kalian gunakan dengan cara Klik kanan pada Drive yang mau di defrag - Properties - Tools. pada menu Tools terdapat Optimize and defragment drive.

4. Update Windows Jika Windows meminta untuk Di Update



Banyak sekali para pengguna komputer yang mengabaikan dan menonaktifkan fitur ini setelah instalasi windows. Sebenarnya Update Windows ini berfungsi untuk memperkokoh sistem pada windows kita. Kenapa ? karena windows yang kita gunakan itu pasti ada kelemahannya, maka dari itu dari pihak Microsoft memberikan fitur Windows Update agar para penggunanya merasa nyaman.

5. MengUninstall Program-program yang tidak pernah digunakan


Biasanya kita penasaran dengan program-program yang kita peroleh dari internet. Benar bukan? Seperti saya ini. saya sangatlah penasaran jika ada program baru dan saya langsung install program tersebut. Tetapi program tersebut bukanlah program yang saya butuhkan sehari-hari tetapi hanya untuk menghilangkan keingintahuan saja. apakah itu hal yang boros bagi RAM (jika program itu berjalan otomatis), Harddisk (karena mengurangi space harddisk), batre (jika kalian menggunakan laptop dan program itu berjalan secara idle).
Maka dari itu, saya lebih menyarankan agar program yang tidak pernah kita gunakan atau tidak penting bagi kita lebih baik di Uninstall.
Dalam mengUninstall program, kita dapat menggunakan fitur Uninstall dari windows. Tetapi saya menggunakan Program Uninstall bukan dari bawaan windows yang kalian gunakan melainkan dari Advanced SystemCare yaitu Uninstaller.

Apa bedanya?

Perbedaan software Uninstaller dan Uninstaller bawaan windows adalah jika program uninstaller dari Advanced Systemcare ada fitur Powerfull uninstaller yaitu kita dapat menguninstall program tersebut sampai keakar-akarnya seperti registry yang ada pada regedit, file-file yang berkaitan program tersebut, dan lain sebagainya. sedangkan jika Uninstaller bawaan windows hanya mencabut program dan file-filenya saja.

6. Menggunakan antivirus yang terpercaya



Ini adalah hal yang sangat penting pada sebuah komputer windows kita. Kenapa? karena agar komputer / laptop kita terhindar dari virus, malware, spyware, spam, dan lain sebagainya. Apalagi jika komputer kita terkoneksi dengan internet, pasti banyak sekali malware, virus yang tersebar diinternet.
Maka dari itu, kita harus menggunakan Antivirus yang ampuh agar komputer kita aman. Saya menggunakan antivirus ESET Smart Security Karena Antivirus ini menurut pengalaman saya sangatlah baik, mudah digunakan, ringan dan up to date. Sebenarnya semua antivirus itu sama baiknya jika antivirus tersebut selalu update.

6 Poin diatas adalah poin-poin penting bagi saya karena dengan cara itulah laptop saya selalu keadaan baik. Setiap minggu saya melakukan maintenance software pada laptop saya. maintenance nya dengan 6 cara diatas.
Itulah sedikit artikel pengalaman saya. Semoga Tips yang saya sering gunakan tersebut bisa berguna bagi kalian.