Trik Copas Artikel Dari Internet Dengan Rapih Pada Office Word

Trik Copas Artikel Dari Internet Dengan Rapih Pada Office Word - Dari judul diatas, ada sebuah pertanyaan. Maksudnyaaaaa? Maksud dari artikel yang saya buat ini adalah cara mengcopy paste artikel dari salah satu website ke Microsoft Office Word atau software pengolah kata lainnya. 

Biasanya, para pelajar atau mahasiswa mendapatkan tugas dari guru/dosennya. Mereka disuruh mencari arikel dari internet dan di print out atau softcopy nya saja. Tetapi disaat mereka print out hasilnya kurang rapih karena adanya space terlalu jauh, huruf terlalu besar, berbeda-beda dalam jenis huruf, terdapat warna background dibalik teks, dan sebagainya (Berlaku pada softcopy juga). Kenapa bisa menjadi seperti itu? Karena seseorang yang melakukan copas tidak memperhatikan artikel tersebut dan semua artikel atau konten yang kita copy paste pada software pengolah kata seperti Microsoft office word masih berkalitan dengan template website atau blog yang telah kita copas artikelnya. Jadi misalnya Website atau blog yang akan kita copas artikelnya memiliki background Hitam pada artikelnya, maka hasil copas di ms office word pun menjadi Hitam pada backround artikelnya.

Saya berikan contoh sebagai berikut : (Ilustrasi)

"Saya mau mengcopy paste artikel yang ada di YSVCYBERS Blog ahh untuk disimpan menjadi file .docx (ekstensi office word)"

CONTOH artikel yang akan di copas.


"Copas artikel diatas ah, lalu buka Ms. Office word lalu paste di MS Office Word."
Maka apakah yang akan terjadi ketika kalian mempaste Artikel yang ada pada website tersebut???

Hasil Copas Artikel (Coba teliti gambar dibawah ini)


Lihatlah gambar diatas lalu lihat perbedaannya. Ada 2 KOTAK MERAH Diatas. bandingkan lah jenis teks pada kotak ke 1 dengan kotak yang ke dua. Apakah jenis huruf sama?

Keterangan !

KOTAK 1 : Menggunakan Font Times New Roman dengan ukuran huruf 12.
KOTAK 2 : Menggunakan Font Arial dengan ukuran 10,5.
Pada website tersebut, dalam penulisan artikelnya kurang memperhatikan jenis fontnya. jadi ketika kita copas, artikel yang telah kita copy akan sama dengan apa yang ada pada artikel tersebut. Jadi kita perlu merubahnya terlebih dahulu agar RAPIH.

Jadi kesimpulannya adalah Jika kita ingin mengcopas artikel dari internet ke aplikasi pengolah kata seperti MS office Word, Kita perlu mengedit ulang dan jangan langsung di cetak atau disimpan.

Kalau mengedit ulang, sama saja bohong dong????
Pasti butuh waktu yang lama untuk mengubahnya.

Sebenarnya ada TRIK dalam copas mengcopas. hehe Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengcopas artikel sesuai tema yang kita atur pada MS office word. Bagaimana caranya? Cara nya sangat mudah yaitu dengan cara menggunakan NOTEPAD !.

Langkah-langkah mengcopas artikel dengan benar !.

1. Siapkan Website atau Blog yang akan kalian copas artikelnya. Dalam contoh kali ini, saya akan mengcopas artikel yang ada di Wikipedia. contoh :


2. Bukalah notepad lalu paste artikel yang telah kalian copy pada salah satu website atau blog pada notepad. Ingat NOTEPAD Bawaan Windows.


3. Setelah kalian mempaste artikel ke NOTEPAD, silahkan kalian block artikel yang ada pada NOTEPAD Dengan cara CTRL+A Lalu Copy semua artikelnya dan pastekan pada Microsoft office word atau software pengolah kata lainnya. contoh :


Lihatlah gambar diatas, diatas adalah hasil paste artikel dari internet melalui NOTEPAD. Jenis huruf sesuai dengan apa yang telah kalian gunakan pada Office word. Lihatlah gambar dibawah ini agar lebih jelas perbedaannya.

klik gambar untuk memperbesar

Sekian dari saya. Kesimpulan dari artikel saya yaitu apabila kita ingin mengcopas artikel dari internet, gunakan lah notepad terlebih dahulu agar rapih hasilnya.
Tetapi 1 Hal yang perlu kita ketahui yaitu :

Janganlah mengcopas artikel jika kita ingin mendapatkan Ilmu dari artikel tersebut. karena jika kita copas, otomatis kita tidak membaca dan memahami artikel yang kita copas. SEKIAN