Mengenal Bahasa Pemrograman C++ dan C


C++ Adalah pengembangan bahasa pemrograman yang sebelumnya yaitu bahasa C. Apakah bahasa C itu?
Sedikit saya akan menjelaskan tentang bahasa C.

Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1972. Penamaan bahasa ini sangat lah singkat yaitu hanya disebut bahasa C dan namanya tidak memiliki kepanjangan apapun. Bahasa C itu sendiri sekarang masih sangat populer dan penggunaannya tersebar di berbagai platform seperti : Windows, Linux, PC, Hingga Mainframe.

Dennis Ritchie | wikipedia.org

Topik pembahasan dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan bahasa pemrograman yang relatif baru dan telah memiliki pembaharuan atau perkembangan dari bahasa C yaitu C++.
C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustroup pada tahun sekitar 1982. Seperti penjelasan saya diatas, C++ ini adalah pengembangan dari bahasa pemrograman C dan dapat mendukung pemrograman berorientasi Objek

Bjarne Stroustroup | wikipedia.org

Apakah ada perbedaan dari bahasa C++ dan C?

Lihatlah Source code dibawah ini :

Bahasa Pemrograman C
#include <stdio.h>
int main()
{
printf("Saya sedang mengenal bahasa C\n");
return 0;
}
Keterangan :


#include :  adalah suatu perintah yang digunakan untuk mengatur kompiler agar dapat membaca berkas header yang diikutsertakan dalam include tersebut saat pelaksanaan kompilasi.

<stdio.h> : adalah header berektensi .h adalah berkas yang berisi prototipe fungsi, definisi konstanta, dan definisi variable. Prototipe fungsi berupa judul suatu fungsi yang dilengkapi dengan argumen dan tipe argumen serta tipe nilai balik untuk fungsi yang memberikan nilai balik.

main() : adalah fungsi yang dijalankan pertama kali ketika program di eksekusi atau dijalankan. ada kata int didepan kata main. apakah itu int? int adalah kata yang menyatakan bilangan bulat. Jadi program yang menggunakan int memberikan nilai balik yang bertipe bilangan bulat.

return 0 : dengan return 0 ini menyatakan bahwa nilai balik program adalah 0.

titik koma (;) : Setiap pernyataan yang terdapat pada bahasa C Dan C++ harus selalu diakhiri tanda (;) seperti : printf("Saya sedang mengenal bahasa pemrograman C");

printf() : adalah suatu fungsi yang prototipenya terdapat dalam berkas stdio.h. bagian yang berada dalam tanda kurung yang mengikuti perintah printf disebut string. String ini adalah deretan karakter yang ditulis dalam tanda petik (").


Bahasa Pemrograman C++


#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
cout<<"Saya sedang mengenal bahasa pemrograman C++"<<endl;
return =0;
}
#include : Fungsi yang sama dengan bahasa pemrograman C, tetapi header yang digunakan ada perubahan misalnya stdio.h menjadi iostream tanpa ektensi .h.

using namespace std : namespace merupakan tambahan baru pada C++. Fungsi namespace adalah untuk mengelompokan elemen-elemen ke dalam sebuah nama. std adalah nama bawaan yang digunakan pada semua pustaka standar C++.  hal ini agar memudahkan anda dalam mengakses pustaka standar.

cout : merupakan salah satu perintah untuk menampilkan suatu karakter seperti printf pada bahasa C

endl (endline) : adalah akhir baris atau untuk pindah baris ke baris selanjutnya. biasanya pada printf itu disebut \n.

Bahasa pemrograman ini akan mudah jika kita dapat memahami apa fungsi dari perintah-perintah yang disediakan oleh bahasa pemrograman tersebut termasuk bahasa C dan C++.
Terimakasih. semoga artikel ini dapat membantu dan dijadikan bahan referensi belajar. Saya hanya mensharing apa yang telah saya baca dan saya pelajari. Saya memposting artikel dan saya pun belajar tentang bahasa pemrograman ini. Kita disini sama-sama belajar :)

Referensi : algoritma & pemrograman menggunakan C & C++ oleh abdul kadir