Cara Menggabungkan SSH dengan VPN

Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang Cara Menginstall SoftEther VPN Client Manager. Pada Artikel kali ini, saya akan melanjutkan beberapa penjelasan Bagaimana cara menggabungkan SSH dengan VPN dari SoftEther VPN Client itu sendiri. Memang apa sih untungnya menggunakan cara ini? 
Cara ini dapat digunakan sebagai alat untuk membypass beberapa situs yang telah di blokir oleh operator kita. Okeh kita akan jelaskan menggunakan illustrasi seperti ini.

Otong : Broo.. Installin ane camfrog dong.. ane pengen liat yang bening-bening *.*
Utung : Sini ane installin.

Installasi berjalan...... (Sambil Ngopi)

Utung : Nih dah terinstall bro.. 
Otong : Oke.. gw coba daftar dan login ya tung...

4 Jam kemudian....

Otong : Bro.. ane kok gak bisa login ya... gak konek2 bro. paket ane ada bro..
Utung : Oiya, ane lupa tong... ane lupa, kan si camfrog di blokir sama operator indo... 
Otong : Jadi gmana bro (Tampang sedih)
Utung : Tenang broo. ane punya solusinya... 

Download Softether VPN Client Manager... (SUCCESS)
Download Bitvise... (SUCCESS)
Download Inject *Bagi yang suka gratisan* (SUCCESS)
Cari SSH Gratisan... (SUCCESS)

Otong : Beuhh.. ini buat pa aja tung? banyak amat..
Utung : Tenang broo. nih senjatanya.. tunggu broo

Install VPN Client..... Install Bitvise... Konekin SSH ke Inject.. Konekin VPN Client.. DAN HASILNYA....

Otong : WIHHHH.. Thanks bro. ane bisa login ke camfrog .. thanks ya bro...
Utung : Oke bro sama2.. jangan Co*i aja klo maen camfrog..haha

Dari illustrasi diatas, pasti kalian secara mudah untuk mengetahui fungsi dari VPN itu sendiri. Oke, Sekarang kita ke pokok pembahasan. 

CARA MENGGABUNGKAN SSH DENGAN VPN

Cara menggabungkan SSH dengan VPN

Siapkan alat-alat dibawah ini.

1. SoftEther VPN Client Manager (Download Disini)
2. Bitvise (Download Disini)
3. Inject Sesuai Operator
4. SSH Gratisan / Premium

1. Langkah pertama yaitu Install Bitvise sampai selesai.
2. Install SoftEther VPN Client Manager (Baca disini)
3. Setelah semuanya selesai, siapkan SSH (gratisan/premium) kemudian koneksikan SSH dengan Inject (Pastinya kalian sudah tahu bagi para pengguna gratisan).
4. Buka SoftEther VPN Client kemudian pilih VPN Gate Public VPN Relay Servers.


5. Pada VPN Gate Public VPN Relay Servers, Pilih Proxy Settings


6. Pada Connect via Proxy Server, Pilih Connect via HTTP Proxy Server kemudian Klik Proxy Server (lihat gambar dibawah ini)


7. Setelah itu kalian akan masuk ke dalam Proxy Server Connection Setting. Disana kalian harus mengisikan Host Name dengan LocalHost yaitu 127.0.0.1 dan Port 1080 (Samakan dengan port yang terdapat pada menu Service didalam Bitvise.


CATATAN PENTING !!! 
Port 1080 itu adalah Port Default pada Bitvise. Untuk melihatnya, buka SSH (Bitvise) yang sedang aktif, kemudian pilih tab Service. (Lihat Gambar)


8. Setelah itu, Klik OK pada Proxy Server Connection Setting (Poin No. 7). Jika kalian sudah menekan Tombol OK, kalian akan melihat daftar Hostname dan region (negara) yang dapat kalian gunakan. Silahkan lihat gambar.


9. Pada contoh kali ini, saya menggunakan Region JAPAN lalu klik Connect to the VPN Server


10. Tunggu beberapa saat sampai terkoneksi. Jika terkoneksi, kalian akan melihat status Connected.


Sekarang VPN dan SSH sudah terkoneksi. Kecepatan Koneksi tergantung MODEM, OPERATOR, dan SERVER mana yang kalian pilih pada VPN Client tersebut. Untuk mencoba berhasil atau tidak, silahkan lihat IP address kalian di http://www.whatismyip.com/ 

Terimakasih, semoga membantu.. :)